Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh dengan Makanan Sehat

Kesehatan290 Dilihat

Sistem kekebalan tubuh merupakan pertahanan terakhir tubuh kita dari serangan penyakit. Terlebih lagi, di tengah keberadaan virus baru yang belum memiliki vaksin atau obat yang efektif. Satu-satunya harapan untuk sembuh dari infeksi adalah melalui kekuatan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, pencegahan penyakit adalah kunci yang paling penting.

Sistem kekebalan tubuh kita mirip dengan penjaga yang tangguh yang melindungi tubuh dari serangan virus berbahaya. Sebanyak 70% dari kekebalan tubuh bergantung pada makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih makanan sehat yang dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang pola makan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Makanan Hebat untuk Menguatkan Tubuh dari Serangan Penyakit

Tubuh kita membutuhkan zat gizi makro dan mikro agar tetap sehat. Zat gizi makro adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar, sementara zat gizi mikro adalah nutrisi yang diperlukan dalam jumlah kecil.

Sesuai dengan piramida makanan yang seimbang, asupan makanan harian kita sebaiknya mencakup hal-hal berikut:

  1. Air Putih: Minum minimal 8 gelas per hari (sekitar 2 liter), dan untuk ibu hamil atau menyusui, dianjurkan untuk minum sekitar 12 gelas per hari (sekitar 3 liter).
  2. Karbohidrat sebagai makanan pokok: 3-8 porsi.
  3. Sayuran: 3-5 porsi.
  4. Buah-buahan: 3-5 porsi.
  5. Protein hewani: 2-3 porsi.
  6. Protein nabati: 2-3 porsi.

Namun, bagaimana sebaiknya kita menyusun komposisinya? Apakah semua makanan tersebut harus dikonsumsi sekaligus? Komposisi makanan yang disarankan adalah 1/3 karbohidrat + 1/3 sayuran + 1/6 buah-buahan + 1/6 protein (kombinasi antara protein hewani dan nabati).

Jadwal Makan yang Ideal

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, penting untuk makan secara teratur dan disiplin setiap hari. Berikut adalah jadwal makan yang direkomendasikan:

  1. Pukul 07.00 – 08.00: Sarapan.
  2. Pukul 09.00 – 10.00: Camilan sehat.
  3. Pukul 12.00 – 13.00: Makan siang.
  4. Pukul 15.00 – 16.00: Camilan sehat.
  5. Pukul 18.00 – 19.00: Makan malam.

Sebaiknya, pilih camilan sehat yang mengandung gizi dan serat tinggi, seperti buah-buahan, yoghurt, dan makanan sejenisnya.

Cara Pengolahan Bahan Makanan

Selain menjaga asupan makanan yang sehat, penting juga untuk mengolah makanan dengan cara yang benar agar zat gizi tidak hilang dan makanan tidak terkontaminasi oleh kuman atau virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Berikut adalah tips untuk mengolah makanan dengan benar:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *