Resep Memasak Belut Bumbu Kuning Kemangi

Share it on your social network:

Or you can just copy and share this url

Bahan

Sesuaikan:
500 gram Belut
1 ikat Daun kemangi
5 buah Cabai merah
5 siung Bawang merah
3 siung Bawang putih
2 cm Jahe
1,5 cm Kencur
2 cm Kunyit
3 buah Kemiri Sangrai
1 batang Serai
2 cm Lengkuas
1 lembar Daun jeruk
1 lembar Daun salam
1 buah Jeruk nipis
1 sdt Ketumbar
40 ml Santan
secukupnya Garam
Air secukupnya

Informasi nutrisi

1
Porsi
92
Kalori
1,42g
Lemak
18,51g
Protein

Bookmark resep

You need to login or register to bookmark/favorite this content.

Resep Memasak Belut Bumbu Kuning Kemangi

makanan lezat

Cuisine:

Resep membuat belut bumbu kuning yang sangat enak, terutama ada cara agar belut tidak bau amis.

  • 24min
  • Porsi 1
  • Medium

Ingredients

Directions

Share

Suami demen banget nih sama hewan sawah yang satu ini, yah sebut saja belut dan hari ini kira-kira dibuat apa yah?Gimana kalo kita masak dengan bumbu kuning kemangi wah sepertinya menggugah selera nafsu makan banget ya.

Makanan yang sangat jarang di temui di kota-kota besar. Meski hewannya menggelikan namun jika sudah di olah menjadi makanan memang juara deh. Begitu banyak macam olahan yang dapat dibuat dari hewan sawah ini yah teman-teman. Ada yang dibuat sambal, di goreng kering, di bikin peyek, dan masih banyak lagi.

Pasti sudah penasaran bagaimana cara membuatnya dan gimana membersihkan hewan sawah ini. Oke simak saja resep berikut ini ya…

Steps

1
Done
10min

Menyiapkan Bahan

Lumuri belut dengan air jeruk nipis dan sedikit garam lalu diamkan selama 10 menit, goreng hingga belut garing, sisihkan. Buat bumbu halus blender bahan berikut ini Cabai Merah, Bawang Merah, Bawang Putih, jahe, Kunyit, Kencur, Kemiri.

2
Done
14min

Proses Memasak

Tumis Bumbu yang telah dihaluskan sampai wangi dan masukkan serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tambahkan santan terlebih dahulu lalu tuang air kira-kira 500 ml aduk rata masak dengan api sedang, setelah itu masukkan ketumbar instan, aduk hingga merata. Jika kuah sudah mendidih, masukkan belut dan garam, aduk pelan-pelan dan masak dengan api sedang. Masukkan daun kemangi, selalu aduk pelan pelan. Jika sudah agak menyurut kuahnya matikan api. Belut bumbu kuning siap di hidangkan.

Shilvia Rozalia

Ulasan Resep

Belum ada ulasan untuk resep ini, gunakan formulir di bawah ini untuk menulis ulasan Kamu
Membuat Bumbu Lutis
Sebelumnya
Resep dan Cara Membuat Bumbu Lutis Buah Pedas
Rempeyek Udang
Berikutnya
Resep dan Cara Membuat Peyek Udang Renyah
Membuat Bumbu Lutis
Sebelumnya
Resep dan Cara Membuat Bumbu Lutis Buah Pedas
Rempeyek Udang
Berikutnya
Resep dan Cara Membuat Peyek Udang Renyah

Add Your Comment