0 0
Resep Memasak Semur Jengkol Sedap

Share it on your social network:

Or you can just copy and share this url

Bahan

Sesuaikan:
1/2 kg Jengkol
5 siung Bawang merah
3 siung Bawang putih
3 buah Kemiri
1 ruas Jahe
1 batang Sereh
2 lembar Daun salam
3 iris Lengkuas
2 cm Kunyit
1 sdt Pala bubuk
3 buah Cabe merah besar
5 buah Cabe rawit
secukupnya Gula
secukupnya Garam
secukupnya Kaldu bubuk
secukupnya Minyak

Informasi nutrisi

1
Porsi
189
Kalori
0,63g
Lemak
29,43g
Karbohidrat
17,82g
Protein

Bookmark resep

You need to login or register to bookmark/favorite this content.

Resep Memasak Semur Jengkol Sedap

sayur jengkol

Cuisine:

Resep membuat semur jengkol yang enak, dan pas sekali untuk makan dirumah kamu. dengan rasanya yang khas dari bau jengkolnya

  • 23min
  • Porsi 1
  • Easy

Ingredients

Directions

Share

Kalo kata aku si semur jengkol ini enaknya ngalahin daging sapi hehe, pokoknya ter enak deh si jengkol ini. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menyukai bahkan sudah menjadi lauk favorit saat makan. Namun sayang, jengkol ini harganya terbilang mahal mungkin karena jarang terjual dipasaran ya bunda.

Jengkol ini selain dimakan mentah juga bisa diolah menjadi masakan yaitu semur jengkol dan saat ini telah dikembangkan menjadi kripik jengkol.

Khas dari jengkol ini adalah baunya yang menyengat jadi tidak pede ya bunda jika setelah makan si jengkol ini terus berbincang-bincang dengan orang lain pasti akan membuat tidak nyaman si lawan bicara karena bau mulut kita hehe.

Disini saya akan share resep semur jengkol yang bikin nagih dan rasanya pun enak banget, udah ngga sabar buat nyobain yuk ikuti langkah-langkah dibawah ini.

 

Steps

1
Done
10min

Menyiapkan bahan

Langkah pertama adalah rebus terlebih dahulu jengkol hingga empuk lalu memarkan. Kemudian sangrai kemiri, dan cuci bersih bahan bumbu lainnya.

2
Done
5min

Menyiapkan bumbu halus

Lalu haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah besar, cabe rawit, jahe, kunyit dan pala bubuk blender/tumbuk hingga semua bumbu halus.

3
Done
8min

Proses memasak

Panaskan minyak pada wajan lalu tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas dan sereh hingga harum. Kemudian masukkan jengkol dan aduk hingga merata. Tambahkan air secukupnya hingga semua jengkol terendam air. Beri kecap manis, garam, lada dan gula secukupnya lalu aduk rata. Masak hingga air kasat dan matang. Setelah matang jengkol siap dihidangkan.

Shilvia Rozalia

Ulasan Resep

Belum ada ulasan untuk resep ini, gunakan formulir di bawah ini untuk menulis ulasan Kamu
Resep Sambal Rawit
Sebelumnya
Resep Membuat Sambal Rawit Yang Pedasnya Bikin Nagih
Resep Kue Lapis
Berikutnya
Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Sagu Mantap
Resep Sambal Rawit
Sebelumnya
Resep Membuat Sambal Rawit Yang Pedasnya Bikin Nagih
Resep Kue Lapis
Berikutnya
Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Sagu Mantap

Add Your Comment